Menu Bawah

Lalapan Pete ,petai primadona nya orang Sunda

SUHAYATV.COM
Sunday, December 31, 2023, December 31, 2023 WIB Last Updated 2024-01-07T01:33:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Kompasjawabarat.com
 - Siapa Yang Tidak Mengenal Pete.Lalapan Yang Memiliki Ciri Khas Bau Ini ,Sudah termasyur Di jawabarat,khusus nya orang Sunda.

Lalapan pete Menjadi Primadona Bagi masyarakat Jawabarat,atau tanah Sunda,Sebab Menikmati Makan Akan Sangat Nikmat Apabila Ada lalapan Yang Satu Ini.

Meskipun Bau pete ternyata Banyak di sukai orang orang ,apalagi orang sunda,pete biasa di sajikan dengan menu santapan masakan khas sunda.

Makanan khas sunda ,belum bisa di sebut masakan khas sunda kalau belum ada pete,atau petai di dalam nya.

Orang sunda sering menikmati lalapan pete ini di saat ada acara makan makan,atau makan bersama ,sebab akan terasa nikmat apabila makan bersama ,liliwetan dengan lalapan petai.

Beberapa cara menikmati lalapan pete,diantaranya ialah :
Di goreng
Di bakar
Atau di tumis.
Dan selain itu pete juga akan terasa nikmat apabila di makan secara langsung.

Cara menikmati makan pete agar enak ialah :
A.Siapkan nasi liwet hangat,yang sudah di kasih bumbu,dan di masak pakai air kelapa muda.
B .siapkan ikan asin peda ,yang sudah di masak.
C .siapkan sambal terasi ,yang di buat secara langsung.

Kemudia taruh semua menu tersebut di atas daun talas,yang sudah di bersihkan.
Kemudian barulah pete di santap bersama nasi liwet tersebut dengan lauk pauk yang lain nya.

Akan sangat nikmat apabila makan pete berkumpul bersama denga. Keluarga.

Pete ,tidak hanya di gunakan sebagai lalapan makan saja,pete juga sering di jadikan sambal kentang pete.

Ini biasanya sukda di buat saat ada acara hajatan atau pesta pernikahan.

Pete terbagi menjadi dua jenis ,diantaranya ialah pete besar,kalau masyarakat sunda namanya pete peuteuy,peundeuy.ciri cirinya ialah berbuah besar dan berbau sangat menyengat.

Maka saat makan satu biji saja akan terasa baunya yang menyebabkan pusing.kalai masyarkat sunda menyebut nya peuheur.

Kemudian pete pare.ciri ciri dari pete pare ialah  berbuah kecil,dengan biji buah yang banyak,dan rasanya gurih manis.

Untuk pete ini tidak terlau menyengat baunya,sehingga kita bisa makan satu pcs atau satu papan ,begitu orang sunda menyebut nya.

Nah itulah teman teman sedikit cerita,tentang lalapan pete,bagi anda yang belum tau ,atau belum pernah merasakan ,coba deh cicipi lalapan pete.

Di jamin makan jadi nikmat,akan tetapi tidak semua orang suka pete,sebab pete ini rasa bau nya yang membuat orang enggan untuk mencicipi.sehingga pete hanya dinikmati oleh orang orang yang sudah biasa dengan bau pete.

Akan tetapi ada yang harus kita perhatikan saat kita mengkonsumsi pete,bagi anda yang memiliki penyakit darah tinggi ,lebih baik tidak terlalu banyak atau berlebihan dalam mengkonsumsi pete.

Sebab apabila kebanyakan makan pete bisa menjadikan kepala pusing,entah karena terlalu berlebihan ,atau kondisi tubuh yang sedang tidak baik.

Mengkonsumsi pete paling banyak 3 pcs saja apabila lebih dari itu bisa mengakibatkan kepala pusing,terkecuali anda yang sudah terbiasa menikmati pete yang sanggup dalam jumblah banyak.

Sebenarnya epek samping dari makan pete tidak terlalu banyak,dan tidak terlalu berbahaya,hanya sekedar bau dan pusing saja,dan agar kita tidak terlalu pusing setelah mengkonsumsi pete,maka pete lebih baik di bakar di rebus atau di goreng.

Sehingga dengan demikian epek samping dari pete tidak akan terlalu besar pada tingkat pusing setelah mengkonsumsinya.

Sedangkan dalam epek samping bau,bisa kita minimalisir dengab beberapa cara ialah.

Usahakan sikat gigi setelah anda mengkonsumsi pete,kemudian makan daun kemangi lalapan yang sering kita jumpai saat kita menikmati hidangan pecel lele ,atau menu lalapan khas sunda.

Sebab daun kemangi di percaya mampu menghilangkan bau mulut dan bau badan.akan tetapi apabila anda tidak ingin melakukan nya pun tidak apa apa,sebab bau pete akan hilang dengan sendirinya.

Bau pete tidak akan berpengaruh besar terhadap tubuh,apabila di konsumsi dengan cara teratur,misalkan kita makan pete seminggu sekali .sebab bau pete berbeda dengan bau dalam sayuran seperti bawang daun dan bawang merah.

Yang apabila di konsumsi secara terus menerus dalam jumblah banyak ,akan mengakibatkan bau badan,jadi kita harus bisa mengontrol dalam mengkonsumsinya.

Agar tidak menjadi epek samping yang tidak baik bagi tubuh kita.itulah sekilas bahasan poko kita tentang lalapan pete ,lalapan primadona di masyarakat jawabarat,sunda.
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

+