Menu Bawah

Menjaga keselamatan saat berkendara di musim hujan

SUHAYATV.COM
Tuesday, December 26, 2023, December 26, 2023 WIB Last Updated 2024-02-15T16:38:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
KompasJawaBarat.com - musim penghujan kini telah tiba,tidak sedikit daera yang terkena banjir,selain dari banjir juga ,sudah tentu kita harus waspada di saat melakukan aktipitas,terutama di jalan raya.

Saat musim hujan terutama di jalan raya banyak sekali resiko resiko kecelakaan di dalam kita berkendara,ini hendak nya kita harus lebih meningkatkan kembali dalam kewaspadaan.

Berikut hal,hal yang perlu di waspadai dalam berkendara di jalan saat musim hujan.

Beberapa resiko yang harus kita perhatikan ialah resiko kecelakan. Akibat jalan licin,jalan berlubang dan pohon tumbeng,dan petir pastinya.
Sangat penting bagi kita waspada dan hati hati saat berkendara dalam keadaan hujan baik itu karena jalan licin ,maupun pohon tumbang saat hujan .

Dan yang perlu di perhatikan ialah apabila kita menemukan genangan air di jalan ,jangan sampai kita main libas saja ,sebab air yang bergenang ,atau air genangan bisa saja itu adalah lubang yang apabila kita libas maka akan terperosok.

Dan kita sering lupa dengan hal tersebut,terlebih saat hujan dengan fokus yang buyar.bekendara motor,atau pun mobil,alangkah perlu nya kita waspada terhadap samping kiri dan depan.

Contoh samping kita ialah pohon yang sewaktu waktu roboh karena hujan dan angin yang besar.sebab sering kita menyaksikan kejadian kejadian yang telah terjadi seperti kendaraan yang tumbang dan menimpa pengendara yang melintas.

Apalagi dalam keadaan hujan lebat serta angin kencang lebih baik kita behentilah sejenak,sebab petir sangat lah berbahaya bagi keselamatan.
Dan apabila kita berteduh pun itu tidak boleh sembarangan memilih tempat berteduh,seperti di bawah pohon,itu sangat lah berbahaya.

Lebih baik kita memilih tempat yang aman seperti rumah gedung,atau pertokoan.supaya apabila hujan lebat bisa mengurangi resiko kena timpaan baik itu bahan material ,atau pun pohon dan petir.

Terlebih cuaca saat ini benar benar ektrim ,selain waspada kita juga harus sigap dengan situasi baik lingkunan dan jalan raya,seperti yang di kabarkan melalui bergai media dans sosial.

Banjir makin banyak melanda di barbagai tempat,sehingga kita harus lebih waspada ,dengan situasi saat ini,apalagi banjir yang melintasi jalan raya sudah pasti akan mengganggu pengendara.

Hal hal yang harus kita perhatikan saat banjir di jalan raya sebagai berikut :
- jangan menerobos genangan air,sebab bisa saja itu lubang besar.sehingga memungkinkan anda terperosok dan jatuh.
- jangan menerobos air banjir sebab bisa saja motor mati ,terendam air banjir,
Carilah tempat yang sekiranya bisa menghindari banjir.

Pada saat situasi seperti ini banjir di mana mana terjadi sehingga banjir dan luapan air membawa material yang sekiranya bisa mengganggu di jalan baik itu paku atau pun pecana kaca.

Di sarankan agar kita mengguanakan sepatu dan APD yang lain sebab bisa saja mengakibatkan terluka apabila kena pada kaki kita.

Sering kali kita merasa nanggung saat hujang datang dan kita meneruskan perjalanan,tetapi resiko nya sangat besar.dan yang sangat perlu kita jaga selain dari hal hal tadi ialah kesehatan.

Terlalu sering berkendara saat hujan atau kehujanan ,maka resiko akan sakit akan lebih besar,sebab berkendara dalam keadaan kehujanan akan menjadikan badan masuk angin.

Dan apabila keadaan seperti itu terus menerus terjadi maka kerusakan pada tubuh akan cepat terjadi.masuk angin ,badan sakit sakit pegal dan lain lain.
Adapun langkah langkah untuk meminimalisir dengan hal berikut.tingkatkan daya tahan tubuh dengan cara menjaga pola hidup kita.

Baik pola makan,tidur dan istirahat yang cukup ,ini di lakukan untuk meminimalisir resiko badan jatuh sakit.

Daya tahan tubuh yang terjaga menjadikan badan kita akan terjaga kesehatan nya.

Dari pola makan ,usahakan lah makan yang bergizi,tidur cukup dan memperbanyak mengkonsumsi buah buahan.dan menjaga pola istirahat dengan dengan cukup dan baik.

Sekian dulu tips yang bisa di sampaikan buat para pemiarsa,semoga bermampaat bagi kita dan selalu mengingat supaya kita selalu dalam keadaan selamat.

Waspada dalam hal apapun di situasi apapun supaya kita selalu selamat ,sebab keluarga menunggu di rumah,hal hal yang sepele yang harus kita perhatikan sebab hal yang sepele bisa berakibat patal .

Situasi saat musim hujan menjadikan bawaan kita rasanya ingin cepat cepat di jalan raya,sehingga membuat berkendara tidak terkendali,padahal resiko demikian sangat lah banyak,baik tergelincir,atau menabarak pengendara lain.

Jadi pelankan kemudi saat berkendara hujan,dan banjir jalan yang licin akan membuat kita susah mengendalikan kendaraan sehingga banyak kejadian kejadian kecelakaan di jalan

Apabila kita mengabaikan nya,jadi selalu jadikan semua itu sebagai pedoman kita,kita belajar dan kita jadikan cerminan dari berbagai musibah yang banyak menimpa
Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Berdo,a sebelum melakukan segala sesuatu memang sangat penting dan harus di lakukan agar ,kita selalu terlindung dari marabahaya,meskipun takdir berkata kalau sudah saat nya terjadi maka akan terjadi.

Tetapi untuk melakukan do,a di setiap aktivitas sangat lah penting,maka dari itu selalu berdo,a agar kita selalu di berikan keselamatan.


Komentar

Tampilkan

2 comments:

Terkini

+