Menu Bawah

Cara menjalan kan ibadah puasa dengan khusyu

SUHAYATV.COM
Tuesday, March 19, 2024, March 19, 2024 WIB Last Updated 2024-03-21T12:34:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
KOMPASJAWABARAT.COM-bagi umat muslim menjalan kan ibadah puasa di bulan ramadhan sudah menjadi kewajiban dan keharusan melaksanakan nya .

Namun ada beberapa cara menjalan kan puasa yang kusyu dan tidak tergoda oleh berbagai jenis godaan ,baik makanan,minuman ghibah,pandangan mata dan ucapan atau perkataan yangenyinggung dan menyakiti hati orang lain

Dan semua itu adalah godaan yang akan mengakibatkan puasa kita batal,meskipun tidak secara langsung batal,hanya saja dari puasa tersebut kita tidak mendapatkan pahala ,terkecuali rasa lapar dan haus.

Dan untuk menghindari semua itu ada beberapa cara,ialah kita dengan melaksanakan ibadah puasa tersebut secara khusyu.

Apakah yang di maksud dengan khusyu? Dalam istilah umum,khusyu ialah bersungguh sungguh,fokus dan serius dalam melakukan nya,dan ini sangat di anjurkan dalam melakukan berbagai jenis ibadah yang kita lalukan dengn menerapkan prinsip khusyu.

Dan untuk melalukan ibadah puasa secara khusyu ialah cara kita dengan memikirkan hal sebagai berikut agar ibadah kita khusyu.
 - pertama tama ialah kita harus tahu bahwa ibadah puasa adalah ibadah langsung kepada sang pencipta allah swt.
 - kemudian kita harus tau bahwa allah telah berpirman bahwa puasa nya manusia adalah puasa langsung untuk allah dan allah sendiri yang akanenilai dari ibadah nya orang tersebut.

Nah.dari pernyataan tersebut ,apabila kita cermati dan kita teguhkan dalam keyakinan hati kita,maka kita akan melakukan ibadah pusa tersebut dengan sungguh sungguh atau khusyu.

Sebab ibadah tersebut allah langsung yang menilai dari puasa nya orang tersebut.selain itu bahwa harus kita yakini bahwa puasa itu ialah ibadah yang langsung untuk allah maka kalau kita sadar puasa untuk allah sudah pasti kita akan sekuat hati menjalan kan nya dengan berusaha sesempurna mungkin.

Agar ibadah puasanya di terima allah.dan supaya nilai ibadah puasa tersebut sempurna,kita juga harus mengetahui apa saja yang membatalkan puasa,dan menghilangkan nilai ibadah puasa.

Berikut hal hal yang mengakibatkan batal dan berkurang nya pahala puasa.
- ucapan atau perkataan yang menyinggung orang lain.yang mengakibatkan orang tersebut sakit hati.

Marah marah,orang yang suka marah marah sudah pasti batal menjalankan ibadah puasa nya,sebab salah satu hal sarat yang harus di jalan kan dalam ibdaha puasa ialah menahan hawa napsu dan amarah.

Makan dan minum sudab pasti batal,namun perlu kita ketahui bahwa apabila kita lakukan dengan tanpa sengaja sih tidak menjadi batal.asal tidak sengaja atau lupa.

Gibah atau ngomongin orang lain,sudah pasti akan membuat puasa kita batal,dengan batal nya puasa ialah puasa yang kita jalan kan tidak menghasilkan apa apa terkecuali haus dan lapar.

Lalu apa saja yang harus kita lakukan agar puasa kita khsuyu?
Yang harus kita lakukan ialah,perbanyak istigfar,zikir dalam hati,kurangi bicara yang tidak perlu,hindari kebiasaan ghibah,

Dan dekatkan diri pada allah denga. Shalat dan baca alQur,an maka insya allah ibadah puasa kita akan berjalan khusyu dalam melaksanakan nya.

Dan untuk menyempurnalan ibdah puasa kita maka kita juga di wajibkan untuk melaksanakan zakat ,dan membantu pakir miskin dan memberi orang yang kekurangan.sebagai bentuk ibadah kita kepada allah dan manusia.

Perlu kita pikirkan bahwa untuk melakukan nya kita harus dengan ihklas dan sepenuh hati tanpa ada embel embel atau mengharapkan balasan.dari orang yang kita bantu.

Hal hal yang harus kita ketahui apa saja yang bisa membuat puasa kita batal?
Yang membuat batal puasa bisa terjadi karena kita makan minum dan muntah yang di sengaja.namum bagi yang menjalankan puasa perlu kita pahami bahwa ,tidak mungkin akan melakukan sesuatu yang akan mengakibatkan puasa itu sendiri menjadi batal karena melakukan hal hal yang membatalkan puasa dengan sengaja.

Dari maksud tersebut kita bisa ambil kesimpulan bahwa kita batal puasa apabila di sengaja membatalkan nya,sedangkan yang tidak di sengaja maka tidak akan menjadikan kita batal dalam menjalankan puasa.

Namun yang perlu kita pahami ialah bukan batal dan tidak nya puasa,namun nilai pahala yang di dapat apakah nol atau 100 persen mendapatkan pahala dari puasa yang kita jalani.

Sebab banyak orang yang menjalankan puasa tetapi tidak bisa menjalankan puasa sepenuhnya,misalnya, kita berhenti makan dan minum,tapi tidak berhenti berghibah,ngomongin orang dan menyakiti hati orang lain.

Dan apabila kita melakukan semua itu di saat kita puasa maka niscaya puasa kita hanya memperoleh haus dan lapar saja,puasa nya tidak batal namun puasa nya tidak mendapatkan pahala.sebab kelakuan yang menyakiti hati orang lain tidak bisa di hentikan.

Dari itu puasa lah seluruh tubuh,baik lisan perlaku yang membuat orang lain terluka marilah kita menjalankan ibadah dengan khusyu fokus beribadah lupakan sejenak duniawi.agar puasa kita mendapatkan pahala yang berlipat ganda.


Komentar

Tampilkan

2 comments:

Terkini

+