Menu Bawah

Cara Mengatur Tidur Yang baik untuk Kesehatan

SUHAYATV.COM
Thursday, January 25, 2024, January 25, 2024 WIB Last Updated 2024-02-15T13:07:05Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
KOMPASJAWABARAT.COM - Memiliki tubuh yang sehat Tidak hanya dari mengatur pola makan,serta olah raga ,Tetapi dari cara kita mengatur pola tidur.

Sebab tidur ,merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kita .mengapa demikian? Sebab tidur adalah salah satu proses yang mana mengistirahatkan aktivitas tubuh setiap hari nya.

Dalam menjalankan aktivitas setiap hari yang menguras tenaga pikiran serta keringat,sudah tentu element tubuh semua bekerja,dan tubuh di ibaratkan sebuah mesin yang apabila tanpa henti beraktivitas maka akan cepat rusak.

Maka sudah pasti tubuh pun harus istirahat total supaya tubuh kembali presh saat aktivitas berikutnya.

Dalam pola tidur pun tentu tidak sembarangan kita melakukan nya ,tidur harus memiliki aturan,supaya menghasilkan energi yang maksimal.

Tidur yang baik atau istirhat total pada tubuh ialah tidur yang memiliki aturan ,diantaranya sebagai berikut.

Aturan tidur yang di perlukan untuk kesehatan.

Seperti tadi di katakan bahwa tidur yang baik harus memiliki aturan ,ialah membiasakan kita tidur di waktu yang sudah biasa kita tidur.

Selain itu kita memiliki aturan waktu tidur yang umum dan baik untuk kesehatan.

Tidur yang baik menurut aturan pada umum nya ialah sekitar jam 9-atau jam 8 malam,kemudian bangun pagi sekitar jam 4-5 pagi,berdasarkan peraturan untuk tidur yang baik berdasarkan data dari para ahli kesehatan.

Apabila kita tidur lebih dari jam 12 malam ,maka itu sudah termasuk dalam istilah begadang,seperti yang kita ketahui ,bergadang tidak baik untuk kesehatan.

Sebab elemen tubuh bekerja saat kita tidur atau istirahat total.berdasarkan para ahli kesehatan maka dengan kita bergadang ,elemen tubuh yang bekerja akan terganggu,seperti ginjal dan saluran pencernaan serta usus dalam tubuh kita.

Seperti yang sering kita alami setiap hari bagai mana kondisi kita saat tidur cukup dan kurang tidur,maka tubuh akan presh tenaga akan maksimal saat kita tidur dengan baik dan mengatur tidur dengan teratur.

Lalu kita juga bisa merasakan bagai mana kondisi tubuh kita saat kita kurang tidur,maka badan lemas mata lelah dan merah serta kurang bergairah.

Ini di sebabkan proses kerja tubuh yang terganggu akibat bergadang,tanpa kita sadari saat tubuh ingin berenti karena lelah dan masih di paksa beraktivitas,maka hasilnya tidak akan maksimal,demikian juga dalam hal proses kerja tubuh.

Selain itu dengan kurang nya tidur,dan salah dalam pola mengatur tidur,maka badan akan cepat terkena penyakit.

Ini di sebabkan daya tahan tubuh yang lemah,serta imun yang tidak stabil sehingga memudahkan kita terkena virus dan sakit sudah pasti akan terjadi karena kurang tidur dan kurang daya tahan tubuh dalam menjaga imunitas.

Tidur yang baik adalah tidur yang memberhentikan segala aktivitas tubuh,seperti mata ,yang sangat perlu istirhat dan untuk tidur yang sempurna ialah sebagai berikut cara yang bisa kita lakukan.

A. Tidur di malam hari sekitar jam 8- 9 malam.
B.bangun di pagi hari sekitar jam 5 pagi ,maka tidur kita sudah maksimal,dengan perhitungan waktu kita kurang lebih 7 jam perhari.

Tidur yang baik sekitar 7 jam perhari dan apabila lebih dari itu juga tidak akan baik bagi kesehatan,ini juga yang perlu kita tahu.

Pernahkah anda tidur lebih dari 7 jam dengan tidur melehbihi batas yang di perlukan maka tidak baik juga bagi kesehatan.

Kita sering pusing dan badan malah lemas akibat terlalu kebanyakan tidur,maka tidur dengan berlebihan pun tidak baik juga bagi kesehatan.

Maka dengan demikian inilah penting nya kita mengatur cara tidur dengan baik.

Selain dari tidur yang baik aktivitas tubuh seperti bekerja pun jangan lah berlebihan atu di porsir,sebab tubuh yang terlalu lelah pun akan menjadikan kita sulit tidur.

Maka segala sesuatu tentunya harus di lakukan dengan teratur,apapun yang bersipat berlebihan tidak akan menimbulkan kebaikan.

Begitupun untuk kesehatan pada tubuh kita.mengkonsumi buah buahan sudah pasti wajib agar daya tahan tubuh maksimal.

Berbagai vitamin terdapat dalam buah buahan yang sangat penting dan di perlukan tubuh kita.

Dan makan makannan yang bergizi sangat di butuhkan pula bagi tenaga dan daya tahan tubuh kita.

Kunci dari tidur yang baik adalah mata kita istirhat dengan sempurna,ada cara agar tidur kita nyenyak.

1.Memilih posisi tidur yang baik.

Untuk menhasilkan tidur yang maksimal tentu harus memilih posisi tidur yang baik pula,dan berikut posisi tidur yang di anjurkan supaya menhasilkan tidur yang maksimal.

A .tidur telentang.

Posisi tidur terlentang sangat dianjurkan dan memiliki khasiat yang bermampaat ,khususnya bagi anda yang memiliki masalah tulang ,jadi dianjurkan supaya tidur posisi terlentang di lakukan.

Kemudian posisi tidur menyamping,ini adalah tidur yang di lakukan berdasarkan hoby dan kebiasaan ,seseorang dalam tidur,meskipun demikian tidur bisa di lakukan dengan posisi apapun sesuai hoby yang di inginkan.

Apapun posisinya yang penting mendapatkan energi yang baik dari tidur tersebut,energi yang di dapat sangat besar dari tidur ,maka tidur harus nyenyak supaya energi yang terkumpul maksimal.
  
Untuk tidur nyenyak di usahakan kita mematikan lampu di kamar tidir kita.dan keadaan kamar yang redup dan gelap akan membuat mata kita pun beristirahat tanpa terganggu cahaya.

Tetapi untuk mematikan lampu saat tidur atau suasana yang gelap itu berbeda beda orang ,sebab ada yang bisa tidur kalau kamar terang dan malahan tidak bisa tidur kalau suasana kamar gelap gulita.

Kemudian memilih bantal dan kasur di usahakan supaya nyaman saat tidur kita .dengan bantal yang empuk serta kasur yang lembut maka badan tidak akan merasa sakit.

Berbeda tentunya saat kita tidur di bantal dan kasur yang keras,maka saat bangun tubuh merasa pegal dan sakit .

Selain itu pakaian yang akan kita guanakan saat mau tidur juga harus di perhatikan ,ini untuk kenyamanan saat kita tidur.

Di usahakan saat kita akan tidur pakai lah pakaian yang leluasa atau nyaman,seperti baju tidur dan celana. Pendek yang halus dan tidak ketat agar napas kita leluasa saat kita tidur.

Kemudian untuk mendapatkan hasil tidur yang baik atau agar tidur kita nyenyak usahakan kondisi dalam tubuh kita sudah berada dalam keadaan terisi,dalam istilah umum tidak lapar 

Sebab dengan kondisi lapar proses tidur tidak akan berjalan sempurna,bahkan kita sulit tidur apabila keadaan kita lapar serta haus.

Dan yang paling penting ialah kita melupakan segala pikiran atau urusan saat kita mau tidur,dengan banyak pikiran maka akan menjadikan kita susah tidur.

Jadi lupakan segala masalah atau beban saat kita akan tidur supaya tidur nyenyak.

Kemudian udara yang ada di dalam kamar ini juga perlu kita perhatikan bahwa tidur saat udara yang tidak baik maka akan menghasilkan tubuh yang tidak sehat.

Seperti tidur dengan menyalakan kipas angin,sebab posisi kita tidur dengan kipas angin menyala maka angin akan masuk pada tubuh kita sehingga masuk angin.

Meskipun terasa nikmat saat tidur dengan menyalakan kipas angin ,tetapi akibat nya tidak baik bagi kesehatan.

Di usahakan kondisi kamar setabil tidak panas dan tidak dingin pula kondisi udara di dalam kamar.

Sudah menjadi kebiasaan kita tidur merasa enak dengan di temani suara musik dan lagu lagu baik dari radio atau televisi.

Namun di anjurkan saat kita tidur untuk menghasilkan tidur yang maksimal kita akan terasa lebih nikmat ketika di temanj dari suara suara alam ,baik suara huajan,suara air mengalir yang akan menambah tidur kita nyenyak.

Itulah pemiarsa beberapa info dan tips untuk tidur yang baik yang di perlukan bagi tubuh serta kesehatan .

Tips penting : kuncilah rumah kita saat kita tidur,matikan kompor serta peralatan listrik ,kemudian pastikan semua aman saat kita mau tidur.

Dan minumlah dahulu saat mau tidur agar cairan dalam tubuh kita tidak mengalami kekurangan di saat kita sedang tidur.

Selain dari tidur yang nyenyak kita juga dianjurkan untuk sering mengkonsumsi vitamin c yang sangat bermanpaat bagi kesehatan.

Serta olahraga yang teratur agar daya tahan tubuh selalu terjaga,dan imunitas tubuh maksimal,tidur yang baik tidur yang teratur,baik waktu dan posisi.

Tidur yang baik tidur yang tidak berlebihan yang sudah pasti apabila dilakukan tidur berlebihan akan membuat badan malah menjadi tidak vit .

Selain itu pikiran yang tenang bisa membantu menjadikan tidur nyenyak tanpa rasa gelisah,sebab perasaan gelisah timbul saat kita banyak memikirkan sesuatu ,sehingga menjadikan susah tidur dan menjadikan tidur tidak nyenyak.

Sedangkan tidur adalah kebutuhan yang sangat perlu untuk kesehatan manusia dan tidur mengembalikan tenaga yang terkuras habis saat beraktivitas.

Posisi tidur yang baik pun akan membantu memulihkan tenaga yang habis ,berikut posisi tidur yang bisa membuat badan menjadi vit .

Tidur terlentang akan menjadikan kita leluasa serta menghirup udara yang kita hirup stabil atau tidak kekurangan oksigen,tidur bermacam macam jenis posisi tergantung dari kesukaan kita.

Tidur menyamping juga baik bagi kesehatan seba tidur menyamping akan membuat tidur kita nyenyak,tergantung arah mana posisi menyamping tersebut.



Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

+