Menu Bawah

Cara Bertani dan Bisnis Usaha Jagung

SUHAYATV.COM
Thursday, January 4, 2024, January 04, 2024 WIB Last Updated 2024-03-09T20:21:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Kompasjawabarat.com(Bisnis ,Usaha Tani ) - jagung adalah Jenis buah buahan yang multipungsi,bisa di konsumsi secara langsung,dan bisa di olah menjadi bermacam macam jenis makanan olahan yang terbuat dari jagung.

Di indonesia jagung sudah di kenal luas baik pedesaan perusahaan yang menangani bisnis usaha ini.masyarakat indonesia adalah masyarakat terbesar dalam menjalani usaha tani jagung,atau menjadi petani jagung.

Mereka bertani khusus dalam memproduksi jagung dari mulai menanam mengolah ,serta menjual ,jagung di indonesia bukan lah bisnis kaleng kaleng dalam pengaruh nya untuk bisnis usaha ini.

Sebab bertani jagung bisa sampai mengekspor ke luar negri,ini di karenakan indonesia adalah penghasil jagung terbesar di asia.

Berbicara soal jagung sudah pasti ada beberapa metode produksi,baik produksi bertani,atau menanam jangung bahkan produksi mengolah jagung jadi makanan yang sering kita nikmati.

Dan yang akan kita bahas dalam topik kali ini ialah bagai mana cara menanam jagung.?


Karena rasa ingin tahu dan penasaran maka saya langsung mengorek informasi kepada para petani jagung yang sudah handal dan propesional dalam urusan bertani dan bercocok tanam jagung.

Berikut sedikit gambaran yang saya peroleh dari para petani jagung yang saya dapatkan.

Untuk bertani jagung atau menanam jagung tidak lah terlalu sulit,menurut para petani,dan saya pribadi sebab saya ikut langsung melakukan proses penanaman jagung saat saya mencari berita tentang apa rahasianya supaya mampu menghasilkan jagung yang berkualitas.

Langkah awal ialah,kita mencangkul tanah atau lahan yanga akan kita tanami, untuk jagung,namun dalam proses ini tidak lah terlalu sulit ,sebab tanah yang di cangkul tidak perlu di proses secara sempurna,yang penting tanah lembut,serta bersih dari rumput rumput liar.
Kemudian setelah tanah di cangkul dan di haluskan,maka petani barulah menanam bibit jagung,atau lebih di kenal dengan benih jagung.untuk benih jagung sudah tersedia di toko sayuran atau toko pertanian di tiap daerah.

Untuk penanaman yang bagus saat kita menanam benih jagung biasanya kita langsung memberikan pupuk organik yang khusus untuk membantu merangsang benih jagung tersebut untuk tumbuh menjadi pohon jagung.

Dan akan sangat lebih bagus apabila saat penanaman benih jagung tersebut di sertai dengan pupuk buatan sendiri,seperti abu dari jerami padi.

Bubuk jerami yang sudah menjadi abu berpungsi melindungi benih jagung ,supaya tidak di makan rayap atau cacing tanah saat proses pemekaran atau proses tumbuh pohon jagung.

Setelah selesai proses penanaman maka tunggu hingga jagung tumbuh,kira kira berumur 3 mingguan kurang jagung barulah di kasih pupuk kimia yang khusus untuk tanaman jagung.

Maka setelah selesai di beri pupuk barulah pohon jagung di kasih tanah seperti di timbun tanah sekitar satu cm,di sekitar akar jagung.

Ini di lakukan supaya batang pohon jagung tidak tumbang saat tumbuh besar barulah setelah itu jagung di panen apabila jagung sudah cukup untuk di panen.

Biasanya jagung yang sudah siap di panen akan mengeluarkan rambut hitam tua kecoklat coklatan,dan buah jagung sudah besar ,untuk lebih memastikan kita bisa membuka kulit jagung ,apabila biji jagung sudah besar maka siap panen.

Itulah sedikit gambaran bagai mana cara menanam jagung,untuk lebih jelasnya kita bisa melakukan nya secara langsung,ini hanya teknik dan tahapan sederhana dan singkat bagai mana cara menanam jagung.

Jagung menjadi bisnis usaha terbesar di indonesia sebab biasanya para petani menanam jagung dalam jumblah besar,dan bukan kaleng kaleng untuk melakukan usaha tani jagung ini.

Banyak para petani jagung yang menanam dengan luas tanah puluhan hektar,biasanya ini karena kebutuhan suatu perusahaan yang memerlukan produksibpenghasil jagung.

Jagung memiliki beberapa jenis atau varian,diantaranya jagung tawar,jagung manis dan jagung ketan dari beberapa jenis jagung tersebut inilah ciri ciri nya.

Jagung tawar ,ialah jagung yang memiliki rasa manis namun tidak terlalu manis seperti jagung manis,hanya saja jagung ini rasanya gurih sedikit manis.
Akan tetapi untuk jagung manis ,sesuai dengan namanya jagung manis,jagung ini memiliki rasa yang sangat manis,seperti kita mengkonsumsi buah tebu,begitu manis nya melekat dari jagung manis ini.

Terlebih apabila jagung ini di masak dengan cara di bakar ,maka selain aroma yang di hasilkan harum,rasa manis jagung ini dua kali lipat manisnya ketimbang di rebus.

Dan untuk jagung ketan,rasa dari jagung ini lebih ke legit ,manis nya hampir sama dengan jagung manis namun kelebihan dari jagung ini ialah dari tekstur biji jagung yang legit kental seperti padi ketan,kalau orang sunda bilang.

Dan untuk jagung ekspor baik di jual ke pasar atau di jual untuk di bakar ,apabila dalam bahasa umum jagung bakar ,biasanya para petani lebih memilih jagung manis.

Itulah pemiarsa sekilas kabar atau info bagai mana cara menanam jagung ,semoga bermampaat ,mohon maap apabila ada kekurangan dalam informasi di atas. 


Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

+